KIAT KIAT E LEARNING

Sumber Pembelajaran Online - E Learning

Secara umum, ketika proses pembelajaran secara  online atau syarat lulus dari Madrasah Aliyah Negeri 2 Kebumen  khususnya syarat - syarat memenuhi Nilai Kelulusan Minimal       ( KKM ) Pelajaran PJOK kelas XII. Anda mungkin menemukan sumber belajar online  seperti dibawah ini:
  • EBuku;
  • Jurnal;
  • Video;
  • Rekaman kuliah/sekolah
  • Kuis;
  • Forum Diskusi
  • Sesi tanya jawab langsung; dan
  • Wawancara.
  • Tugas tugas PJOK
  • Latihan Soal soal PJOK dll.
Sumber belajar  yang ditawarkan kepada Anda untuk belajar online akan

 tergantung pada institusi tempat Anda mengambil program online Anda atau sekolah anda. Beberapa program pembelajaran online mungkin mengharuskan Anda untuk memesan buku teks fisik terlebih dahulu melalui pos, tetapi ini pada umumnya dihapus karena eBook dan metode penyampaian online saja.

Untuk institusi yang telah melakukan transisi untuk menggunakan sumber daya online 100%, siswa dapat berharap untuk belajar menggunakan kombinasi sumber daya teknologi mutakhir tanpa perlu melakukan perjalanan untuk menghadiri kuliah, ujian atau sesi diskusi langsung!
Begitu juga program dari MAN 2 Kebumen karena akibat wabah Covid 19 semua aktifitas belajar dilakukan melalui online.
Apabila nantinya anda mengambil program pembelajaran online, Anda akan menjadi siswa yang terdaftar secara resmi di institusi Anda dan memiliki akses ke sumber daya yang sama dengan mahasiswa di kampus, seperti perpustakaan digital institusi Anda, sistem manajemen pembelajaran (seperti Papan Tulis), keanggotaan serikat siswa dan banyak lagi ! Gelar online mirip dengan mengambil program gelar di kampus, tetapi Anda memiliki kebebasan untuk mengarahkan jadwal studi Anda sendiri.
Sekolah Anda dan instruktur kursus/ guru Anda akan menentukan format untuk setiap kursus individu dan akan memilih metode pengiriman yang paling sesuai dengan program atau program Anda. Apa yang dibutuhkan jurusan Olahraga  untuk berhasil secara online akan berbeda dari yang dibutuhkan jurusan Seni.

Pembelajaran online mungkin merupakan pengalaman yang sama sekali baru bagi Anda. Jika Anda berasal dari latar belakang pembelajaran yang lebih tradisional, bacalah terus untuk mengetahui cara memanfaatkan sumber daya yang mungkin Anda dapatkan dalam perjalanan pembelajaran daring Anda! Jangan sampai bosan dengan E learning di MAN 2 Kebumen.
  • eBuku, buku teks & jurnal
Materi tertulis ini adalah sumber daya penting dalam hampir setiap kursus yang akan Anda ambil saat belajar online.
Dengan menggunakan daftar bacaan untuk setiap kursus, atau atas saran instruktur kursus Anda, Anda harus mendedikasikan jumlah waktu yang Anda butuhkan untuk membaca dan memahami topik dalam literatur. Keuntungan utama menggunakan media ini (terutama eBook) adalah kenyataan bahwa mereka sepenuhnya portabel, memungkinkan Anda untuk belajar di mana saja dari komputer, ponsel, atau tablet Anda.
Kiat pro:
Saat Anda mencari kursus atau program, ingatlah untuk memeriksa apakah buku teks Anda sudah termasuk dalam biaya sekolah! Anda mungkin harus membayar ekstra untuk buku teks Anda, atau mereka mungkin tersedia sebagai eBuku dari perpustakaan institusi Anda.
  • Rekaman kuliah/sekolah
Cara penting untuk menyerap sejumlah besar informasi dalam waktu yang relatif singkat, kuliah adalah pokok pembelajaran online dan berbasis sekolah. Dengan pembelajaran online, Anda dapat menghadiri sekolah  dari kamar tidur Anda!
Kiat pro:
Jika Anda bisa, buat catatan sepanjang sekolah  Anda; ini akan memudahkan untuk meninjau ujian, dan tugas apa pun yang Anda harus selesaikan selama kursus Anda.
  • Sesi interaktif
Tantangan terbesar yang dihadapi penyedia pendidikan online adalah bagaimana mereplikasi interaksi tatap muka dan diskusi langsung yang dapat dengan mudah diberikan oleh institusi di MAN 2 kebumen
Solusinya? Daring di MAN 2 Kebumen  sering menggunakan kombinasi forum diskusi dan sesi tanya jawab interaktif untuk memberi Anda interaksi dengan siswa dan instruktur lain yang Anda butuhkan.
Kiat pro:
Sebelum memulai forum diskusi online atau sesi interaktif, pastikan Anda membaca aturan dan persyaratan; beberapa institusi mungkin mengharuskan Anda untuk membuat posting yang memiliki jumlah kata minimum.
"Untuk institusi yang menggunakan sumber daya online 100%, siswa dapat berharap untuk belajar menggunakan kombinasi sumber daya teknologi mutakhir tanpa perlu bepergian untuk menghadiri kuliah, ujian, atau sesi diskusi langsung."

Bagaimana Pembelajaran Online Akan Disampaikan?

Siswa daring sering berpikir bahwa sumber belajar mereka akan dikirim melalui email, atau bahkan melalui surat siput! M ost lembaga secara online yang bergerak menjauh dari metode tidak dapat diandalkan ini pengiriman.
Sumber daya kursus atau modul akan disampaikan melalui lingkungan atau platform pembelajaran online lembaga. Platform pembelajaran akan bervariasi tergantung pada perangkat lunak yang digunakan, tetapi biasanya akan terdiri dari platform online pusat yang dapat diakses siswa dari PC pribadi mereka, ponsel atau tablet.
Salah satu manfaat utama dari memanfaatkan sumber daya yang dihosting sepenuhnya online adalah fleksibilitas tanpa akhir!
Sebagai siswa daring, Anda dapat memilih untuk mengakses informasi kursus dan menyelesaikan tugas Anda kapan saja. Ini memungkinkan Anda menyesuaikan waktu belajar di sekitar pekerjaan, keluarga, dan komitmen lainnya. Ini juga berarti bahwa siswa yang ingin terus bekerja sambil belajar tidak harus menunda karir mereka. Dapatkan yang terbaik dari kedua dunia! Semoga anak anak MAN 2 Kebumen bisa mengambil hikmah dari E Learning dan nantinya apabila sudah di bangku kuliah sudah tidak canggung lagi dalam proses belajar/ kuliah secara E Learning.  ---SEMOGA---


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama