PENTINGNYA E - LEARNING DI ERA MILENIAL


Teknologi komputer di era Milenial  memang sudah begitu maju. Komputer sering dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan manusia agar cepat selesai. Tidak dapat diragukan lagi, bahwa komputer sudah menjadi hal yang penting bagi masyarakat di bumi ini, khususnya dalam bidang pendidikan. Peranan komputer di dunia tentulah memiliki kedudukan yang sangat penting.
Dengan adanya komputer sebagai alat pembelajaran, ada juga Internet sebagai media pembelajaran. Internet yang sekarang sudah marak digunakan oleh berbagai kalangan, dari muda hingga tua, Internet menjadi sesuatu yang tidak asing lagi. Dengan Internet para peserta didik dapat berhubungan dengan teman-temannya untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberi oleh guru. Internet sebetulnya memiliki potensi yang lebih besar daripada itu.
Pendidikan di zaman sekarang masih juga berjalan seperti biasa, dimana ada seorang guru dan murid-murid yang hanya mengajar dan mempelajari dalam ruangan kelas yang dibalut dengan suasana jenuh yang tidak ada hentinya, saya pun juga merasakan hal tersebut. Apalagi dengan hilangnya pelajaran TIK sebagai mata pelajaran di dalam kurikulum yang terbaru ini. Hal ini membuat para siswa menjadi kurang termotivasi untuk mempelajari sebuah teknologi yang sering digunkaan kelak di masa yang akan datang oleh para siswa tersebut.
Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan para siswa, sekarang telah ada media pembelajaran di internet yang biasa disebut "E-Learning". Dengan tujuan pengembangan pendidikan di masa kini, agar tidak menimbulkan kejenuhan dalam proses belajar mengajar, E-Learning adalah solusinya. E-Learning adalah suatu sistem pembelajaran yang menggunakan teknologi komputer dan tentunya internet sebagai sarana pembelajaran. E-Learning merupakan singkatan dari Electronic Learning, cara ini menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem inti dalam kegiatan pembelajaran.
Dengan adanya E-Learning, siswa dapat mengakses berbagai pelajaran yang diajarkan oleh guru, dengan suasana yang lebih nyaman. Hal ini mempercepat siswa untuk
menangkap mata pelajaran yang sedang mereka pelajari di Internet dengan E-Learning tersebut. Media ini pada akhirnya juga sebagai media pembantu pembelajaran. Tetapi bagaimana jika E-Learning dijadikan suatu metode pembelajaran yang sah. Para siswa tidak lagi merasakan jenuhnya ruangan kelas. Menurut saya, sebaiknya program E-Learning ini harus dikembangkan oleh siapapun yang bertanggung jawab atas pendidikan  masa kini di Indonesia agar para siswa dapat mengambil manfaat penuh sebagaimana tujuan E-Learning dibuat. Bagaimana menurut Anda, patutkah E-Learning dijadikan sebagai media pembelajaran yang efektif? Semua hal tersebut tetap berujung kepada individual pengguna internet masing-masing.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama